Secara geografis dan geologis Kota Padang merupakan daerah yang berada di pertemuan Lempeng Indo?Australia dengan Lempeng Eurasia sehingga berisiko menghadapi gempa bumi dan tsunami yang sangat besar. Menghadapi tantang tersebut STIKes Alifah menginsiasi pelatihan mitigasi bencana dan tanggap darurat. Kegiatan tersebut berlangsung selam 2 hari mulai 6-7 Juli 2021. 

Peserta dari pelatihan tersebut adalah mahasiswa STIKes Alifah dari prodi Kebidanan, Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat sebanyak 32 orang. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ibu Ely Susanti, SE, MM Kabag Akedemik dan Kemahasiswan LLDIKTIK Wilayah X dalam sambutanya beliau menyampaikan rasa bangga dan supportnya bahwa STIKes Alifah merupakan Institusi pertama dibawah naungan LLDIKTI Wilayah X dalam mengadakan acara yang bagus dan sesuai dengan kondisi yang ada, beliau juga berharap bisa ditiru oleh kampus lainnya. Wakil Ketua 1 STIKes Alifah, Desi Sarli, M. Keb, PhD dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada LLDIKTI Wilayah X karena telah mesupport secara moril dan materil sehingga acara ini bisa terselenggara. 

Hari pertama peserta mendapat materi dan praktek Pelatihan Penanggulangan Gawat Darurat (PPGD) dan Pemadaman Kebakaran. Hari kedua, peserta diajarkan praktek Water Rescue, Pemasangan tenda dan penggunaan Alat Radio / HT di Lubuk Minturun. Adapun narsumber dalam kegiatan ini pelatihan ini adalah Tim Tagana Sumatera Barat dibawah komando Bapak Yudi Aningskar Widayanto. Secara keseluruhan acara yang diketuai oleh Meyi Yanti, SKM, MKM Waket 3 STIKes Alifah ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Peserta berharap bisa mengikuti kegiatan ini dengan rutin minimal 1x sebulan sehingga kemampuan mereka bentul-betul bisa bermanfaat saat kapanpun dibutuhkan.