Periode postpartum merupakan masa transisi dimana terjadi perubahan secara fisik dan psikologis (Hutagaol, 2010; Pillitteri, 2010). Menurut Hasegawa (2009) banyak wanita mengalami depressive symptoms di hari pertama kelahiran. Hal ini dikarenakan pada hari pertama postpartum aktivitas saraf otonom dalam keadaan tidak stabil (Nakakita, 2011). Kondisi maternal depressive symptoms hanya sekitar 25% yang dilaporkan dan tertangani dengan baik pada tahun pertama postpartum (Norman et al., 2010; Klossner & Hatfield, 2010).

Hormon oksitosin berguna untuk memperkuat dan mengatur kontraksi uterus, mengompresi pembuluh darah dan membantu hemostasis ibu sehingga mengurangi kejadian atonia uterus terutama pada persalinan lama. Kontraksi uterus yang kuat akan mengakibatkan proses involusi menjadi lebih bagus (Cunningham, 2006).

Pemijatan merupakan suatu intervensi yang efektif dan memiliki banyak manfaat. Intervensi pemijatan atau massage khususnya back massage dapat meningkatkan pelepasan hormon oksitosin dan meningkatkan relaksasi serta menurunkan kecemasan pada wanita postpartum. Manfaat back massage antara lain: merangsang pelepasan hormon oksitosin, mengurangi pembengkakan pada payudara, mengurangi sumbatan ASI, mempertahankan produksi ASI (Depkes RI, 2007 dalam Mardyaningsih, 2010; Modul WHO & UNICEF, 2011).

Dilaporkan bahwa massage pada wanita di awal periode postpartum mampu mengurangi kecemasan dan meningkatkan relaksasi (Imura, Misao, & Ushijima, 2005; Nakakita & Takenou, 2009). Pemberian intervensi back massage pada masa postpartum menunjukkan penurunan depressive symptoms jika dibandingkan dengan perawatan standar (Shapiro, 2013).

Pelayanan kesehatan bagi ibu postpartum perlu dilakukan guna mencapai kehidupan yang optimal baik ibu maupun bayinya, salah satu bentuk pelayanan untuk memaksimalkan kestabilan kondisi kesehatan mental ibu adalah dengan memberikan intervensi back massage sebagai upaya pencegahan terjadinya perdarahan pada ibu postpartum dan percepatan penurunan tinggi fundus uteri.

Berdasarkan fenomena diatas, penulis tertarik untuk melakukan pengabdian masyarakat tentang ”Edukasi Therapi Back Massage terhadap penurunan tinggi fundus uteri pada kelas ibu hamil di Bidan Praktek Mandiri Padang Tahun 2021”.Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh Dosen Prodi Pendidikan Profesi Bidan yang diketuai oleh Ibu Titin Ifayanti, S.SiT, M.Biomed beserta Ibu Silfina Indriani, S.SiT, M.Biomed.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada ibu nifas tentang Back Massage, serta membekali ibu derngan pengetahuan tentang back massage serta mengajarkan terapi ini kepada ibu untuk membantu mempercepat penurunan tinggi fundus uteri setelah persalinan.