Dalam rangka menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi Dosen di STIKes Alifah Padang, setiap dosen wajib melakukan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengabmas) setiap semesternya. Dalam hal ini dosen prodi keperawatan STIKes Alifah Padang (Ns. Amelia Susanti, M.Kep.,Sp.Kep.J., Ns. Diana Arianti,M.Kep., dan Ns. Ledia Restipa,M.Kep.), telah melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pendidikan Kesehatan Perkembangan Identitas Diri Remaja Dalam Antisipasi Prilaku Lesbian, Gay, Biseksual Dan Transgender” di wilayah kerja Puskesmas Kuranji Padang. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan  menggunakan metode ceramah, diskusi tanya jawab yang melibatkan mahasiswa praktek profesi CMHN, remaja, orang tua, dan masyarakat. Materi penyuluhan yang disampaikan berupa pertumbuhan dan perkembangan remaja sehat jiwa, kesehatan seksual remaja, penyimpangan perilaku seksual remaja, penanganan penyimpangan perilaku seksual pada remaja. 

Sebagaimana kita ketahui, bahwa remaja adalah individu yang mengalami masa pubertas, dimana perkembangan fisik dan mental berkembang secara pesat. Remaja merupakan masa yang penting dalam kehidupan manusia. Tidak semua individu bisa melalui masa remaja dengan hal positif dan berkembang menjadi orang dewasa yang berpikiran matang, cerdas dan kritis. Sebagian remaja justru terjebak dalam hal-hal negatif seperti pergaulan bebas, penyimpangan seksual, narkoba, kenalakan remaja, dan lain sebagainya. Penyimpangan seksual adalah aktivitas seksual yang ditempuh seseorang untuk mendapatkan kenikmatan seksual dengan tidak sewajarnya. Dapat disebut tidak wajar karena hubungan seks tersebut dilakukan bukan antara pria dan wanita, tetapi antar sesama wanita atau sesama pria. Selain itu, seks antar sesama jenis tersebut sekarang bukan hal yang tabu lagi di kalangan masyarakat, melainkan sudah menjadi hal yang sudah biasa ditemukan.Jadi, dengan mudahnya kita dapat menemukan komunitas gay maupun lesbian di masyarakat.

Pengabdian masyarakat ini juga merupakan salah satu kegiatan yang mendukung Visi Misi Prodi Pendidikan Profesi Ners STIKes Alifah Padang. Dimana Prodi Pendidikan Profesi Ners STIKes Alifah Padang unggul di bidang Community Mental Health Nursing (CMHN). Salah satunya dengan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada hasil penelitian, terutama dalam hal kesehatan jiwa masyarakat.  Diharapkan setelah kegiatan  ini, remaja dan orang tua lebih memperhatikan dan mengawasi terkait pertumbuhan dan perkembangan kesehatan remaja, sehingga terbentuknya remaja yang sehat jiwa di  Kota Padang.