Dosen STIKes Alifah Padang Mengikuti Program Magang Dosen Kemenristekdikti 2017


Kamis, 22 November 2017|10:55:16 |Dibaca : 236 Pembaca
about img

Program Magang Dosen Kemenristekdikti adalah program tahunan yang diadakan oleh Pemerintah untuk meningkatkan kualitas dosen muda dalam mengerjakan Tridharma Perguruan Tinggi dan pengelolaan institusi. Kegiatan Program Magang Dosen ini telah dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak tahun 80-an, dan kemudian diaktifkan kembali sejak tahun 2005 karena perubahan status beberapa Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja. Untuk mengurangi kesenjangan kualitas, baik antara perguruan tinggi maju dan perguruan tinggi berkembang, maupun dosen senior dan dosen muda maka perlu dilakukan upaya yang nyata. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan kegiatan memagangkan para dosen muda perguruan tinggi berkembang yang disebut perguruan tinggi pengusul di bawah bimbingan para dosen senior di perguruan tinggi yang sudah dikategorikan perguruan tinggi maju atau perguruan tinggi pembina.

Program Magang Dosen Kemenristekdikti Tahun 2017 diikuti oleh 127 dosen dari Perguruan Tinggi Negeri Baru dan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia. Para dosen magang ini yang berasal dari berbagai bidang ilmu yang kemudian ditempatkan di tujuh Perguruang Tinggi Pembina yaitu Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Salah satu dosen STIKes Alifah Padang yaitu Yulia, SKM., M.Kes. telah selesai mengikuti Program Magang Dosen Kemenristekdikti 2017 yang dilaksanakan sejak tanggal 11 Juli 2017 sampai dengan 11 November 2017 yang ditempatkan di Universitas Airlangga. Ada 19 dosen magang yang diberi kesempatan belajar di Universitas Airlangga. Para dosen magang di Universitas Airlangga diberikan banyak materi yang meliputi PEKERTI dan AA,                       E-Learning, menulis usulan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menulis opini, serta pengelolaan institusi yang meliputi bagian mutu, perencanaan strategis, akademik, kemahasiswaan, kerjasama, unit usaha (Rumah Sakit dan Perseroan Terbatas)  penerbitan, dan masih banyak yang lain. Para dosen magang Unair juga diikutsertakan pada setiap kegiatan yang dilaksanakan Universitas Airlangga seperti Acara 17 Agustus, Dies Natalis Universitas Airlangga, Pengukuhan Guru Besar, Upacara Wisuda, Kuliah Tamu, Seminar, Pelatihan, dan Workshop yang dilakukan di Universitas Airlangga. 


by : Yulia, SKM., M.Kes

Link Utama